Ini Rute Lintas Barat dari Bakauheni Lampung ke Kilometer Nol Sabang

Kilometer Nol Sabang

Tugu Nol Kilometer Kota Sabang Pulau Weh Aceh adalah derah tujuan Touring para Biker saat ini. Bagi Para Biker dari luar Pulau Sumatera, ada tiga jalur Jalan Lintas Sumatera yang bisa di Akses dari Pelabuhan Bakauheni Lampung.

1. Jalur Lintas Timur Sumatera

Bakauheni - Kota.Bandar Lampung. Palembang - Jambi - Pekan Baru - Medan - Lhok Seumawe - Banda Aceh.

2. Jalur Lintas Tengah

Bakauheni - Kota Bandar Lampung - Lubuk Linggau - Muara Bungo - Bukit Tinggi - Padang Sidimpuan, Sipirok - Parapat - Pematang Siantar - Medan - Lhokseumawe - Banda Aceh.

3. Lintas Pantai Barat Sumatera

Bakau Heni - Kota Agung - Krui - Bengkulu - Padang - Bukit Tinggi - Sibolga - Parapat - Subusalam - Meulaboh - Banda Aceh.

Disini kami akan membahas Jalur Pantai Barat Sumatera dari Bakau Heni Lampung menuju Kota Banda Aceh dengan jarak 2587 KM. Lalu menyeberang ke Pulau Weh Kota Sabang untuk menuju Tugu Kilo Meter 0 di ujung Paling Barat Republik Indonesia.

Jalur Pantai Barat Sumatera adalah Jalan Lintas Sumatera yang melintasi Pegunungangan Bukit Barisan yang membentang sepanjang Pesisir Barat Sumatera dari Lampung sampai Aceh. Jalur ini mempunyai Pemandangam Alam yang Eksotik perpaduan dari Hutan, Gunung, Laut & Pantai. Yang gak mungkin terlewatkan oleh para Biker Penikmat Panorama Alam.

Untuk melewati jalur Pantai Barat ini, kami akan Bagi menjadi 8 etape. Perjalanan Siang saja dengan estimasi waktu, 8 jam Perjalanan. 6 jam untuk berkendara, 2 jam untuk istirahat. Dengan jarak tempuh 300 - 400 KM / Hari. Kalau malam Istirahat, nginap di tiap2 Etape. Agar Para Biker bisa menikmati keindahan Alam Pesisir Barat Sumatera sambil ber Swafoto di setiap Spot Wisata.

Etape 1 (Bakau Heni - Kota Agung - Krui)

328 KM. Di jalur ini Para Biker akan melewati Taman NaSional Bukit Barisan Bengkunat. Pegunungan dengan Hutan yang lebat & Asri Serta sejuknya udara Buki Barisan.

Taman Nasional Bukit Barisan Bengkunat Lampung

Setelah melewati Taman Nasional, Biker akan melewati Pesisr sampai di Krui. Di Kota wisata yang dikenal akan keindahan laut dan Pantainya, Biker bisa istirahat dan bermalam disini.

Keindahan Pantai Krui Lampung

Etape 2 (Krui - Manna Bengkulu 326 KM)

Dari Krui sampai Bengkulu, Para Biker melewati daerah Pesisir yang sekali2 naik ketas perbukitan dengan pemandangan luasnya Samudra Hindia. Sampai di Kota Bengkulu sebagai Etape ke 2, Biker bisa Istirahat. sebagai Ibu Propinsi, Kota Bengkulu Cukup Ramai, banyak tempat2 kuliner Penginapan. Disini Para Biker bisa mengunjungi Benteng Marlborough & Pantai Panjang sebagai daerah tujuan wisata Kota Bengkulu.

Etape 3 (Bengkulu - Muko Moko 324 KM)

Muko Muko adalah kota kecil, sebagai Ibu Kabupaten tetap Ramai. Tidak sulit untuk mencari Penginapan disini

Etape 4 (Muko Muko - Kota Padang 163 KM)

Etape 4 ini adalah Rute yang terpendek, agar Biker tidak buru-buru untuk menikmati keindahan Alam Provinsi Sumtra Barat yang akan Biker Nikmati setelah melewati Batas Provinsi Bengkulu Sumbar. Spt Pantai Carocok di Kota Painan dengan Madjid Terapungnya.

Kawasan Wisara mandeh Sumbar

Begitu juga pemandangan Alam kawasan Wisata Mandeh di Daerah Tarusan. Jalan yang mulus sepanjang 64 KM menelusuri Pantai dan Gunung sampai ke Kota Padang betul2 mempesona. Krn Rute ini pendek, banyak waktu untuk Biker disini untuk istirahat & ber Swafoto.

Lembah Anai padang Panjang

Kota Padang menjadi tujuan tempat istirahat di Etape 4 ini. Setelah istirahat sejenak di tempat penginapan, Biker bisa ke Pantai Padang untuk melihat indahnya Sun Set sambil ngopi. Pantai Padang selalu Ramai sampai malam.

Pantai Padang

Terutama hari Libur, Masyarakat dari Riau, Jambi & Sumsel banyak berwisata ke Pantai ini sebagai Ikon Kota Padang. Kalau waktu nya tidak cukup 1 malam untuk menikmati Keindahan Kota Padang, Biker bisa nambah deh untuk nginap 2 malam di Kota Padang.

Etape 5 (Padang - Bukit Tinggi - Sibolga)

Rute uni adalaj Rute terpanjang 480 KM. Dari Kota Padang Biker akan Naik ke jalur Bukit Barisan melewati Cagar Alam lembah Anai menuju Kota Bukit Tinggi. Udara yang sejuk dengan pemandangan Air terjunnya,, Biker bisa ngopi & istirahat sejenak disini. Selanjutnya Biker menikmati keindahan Alam Kota Bukit Tinggi yang Ikonik dengan Jam Gadang nya dan Berwisata kuliner disini dengan Berbagai macam Masakan Padang spt Nasi Kapau dll.

Karena Rute ini panjang 480 Km, Setelah melewati Kota Bukit Tinggi , Biker di sarankan membatasi waktu istirahat agar tidak sampai larut malam masuk kota sibolga. Krn jalan yang di lalui Daerah Pegunungan sampai Kota Padang Sidimpuan. Safety Riding melalui Daerah ini. Krn jalannya banyak tanjakan, turunan & tikungan. Sampai di Sibolga Biker bisa Istirahat. Sibolga juga Kota yang Indah di Teluk Sibolga Pantai Barat Sumatera.

Etape 6 (Sibolga - Parapat - Subusalam 384 KM)

Jalur ini naik dari pantai Barat melintasi Bukit Barisan menuju Danau Toba. Parapat adalah Kota wisata di Punggiran Danau Toba. Biker bisa menikmati keindahan Danau Terbesar di Indonesia ini yang dikelilingi Hijaunya Bukit Barisan bagaikan Permadani Alam sepanjang jalur lintas Sumatera di Pinggiran Danau Toba.

Usahakan Istirahat Sejenak untuk Berswafoto. Tempat menginap selanjutnya adalah di Perbatasan Sumatera Utara Aceh. Tepatnya Kota Subusalam Aceh.

Etape 7 (Subusalam - Meulaboh 344 KM)

Jalan Lintas Sumatera di sepanjang Pesisir Aceh sangat indah dengan jalan yang berliku dengan pemandangan Birunya Samudra Hindia. Meulaboh adalah Kota Wisata untuk Penginapan Biker selanjutnya.

Puncak Gunung Geureute Aceh Jaya

Etape 8 (Meulaboh - Banda Aceh 238 KM)

Keindahan Pantai Barat Sumatera se akan2 tidak ada habisnya. Memasuki Kab. Aceh Besar, tepat nya di Pucak Geu Rutee, Biker bisa Istirahat memandang Luasnya Samudra Hindia. Dengan segelas Kopi & makanan ringan, tentu menambah nikmatnya memandang sambil melepas lelah.

Pelabuhan Ule Lhee Banda Aceh

Kota Banda Aceh adalah Ibu Kota Propinsi Ace dengan Masjid Baitur Rahmannya yang Megah yang akan Biker Lalui menuju Pelabuhan Ule Ule untuk mwnyeberang ke Pulau Weh Sabang. Pelabuhan Ule lhee Saat ini sangat Nyaman dan Aman sebagai Pelabuhan Penyeberangan Wisatawan dari Banda Aceh ke Pulau Weh Sabang sebagai Salah satu Daerah tujuan Wisata di Provinsi Aceh.

Balohan Sabang

Demikian gambaran singkat jalur Pantai Barat Sumatera dari Bakau Heni ke Banda Aceh untuk Biker lalui dalam Perjalanan menuju Tugu Kilo Meter Nol Republik Indonesia di Kota Sabang Pulau Weh Aceh.

Semoga bemanfaat.

Bagikan:

Top Ads

Middle Ads 1

Middle Ads 2

Bottom Ads