Daftar 19 Lokasi Wisata di Kabupaten Aceh Barat Daya

19 Tempat Wisata Rekomended di Kabupaten Aceh Barat Daya / wikipedia.com

Mendengar nama Aceh barangkali yang segera muncul didalam pikiran anda adalah wisata pantai yang terhampar luas dan pemandangan alam yang terlampau memukau.

Hal tersebut sebetulnya benar adanya karena Aceh sebetulnya mempunyai pesona wisata yang sudah terlampau kondang tidak hanya di Indonesia tetapi termasuk mancanegara.

Selain itu, keunikan serta kearifan lokal masyarakat Aceh termasuk memicu wisatawan yang berkunjung ke Aceh terasa nyaman dan betah. Dari sebagian lokasi di Aceh tersedia satu yang mempunyai beraneka tempat wisata terbaik yakni Kabupaten Aceh Barat Daya atau yang sering disingkat Abdya.

Tempat wisata di Aceh Barat Daya dijamin memicu anda kagum karena masing-masing tawarkan keunikan yang barangkali tidak tersedia temukan di lokasi lain.

Sebelum berkunjung ke Aceh Barat Daya sebaiknya wajib anda ketahui bahwa Abdya membawa Ibukota Kabupaten yang bernama Blangpidie.

Kawasan Abdya ini merupakan tempat yang terdiri dari gugusan pegunungan yang sejuk dan menjadi jalur bukit barisan yang membentang di lokasi Pulau Sumatera.

Tempat Wisata Recomended di Kabupaten Aceh Barat Daya

Bisa terbayangkan bagaimana situasi di kawasan Abdya yang tentu akan memicu anda sanggup menikmati keindahan alam yang sesungguhnya. Bagi anda yang penasaran bersama dengan keindahan tempat wisata di Aceh Barat Daya maka tersebut ini akan diberikan sebagian daftar informasinya untuk anda.

1. Pantai Cemara Indah

Bahkan wisatawan termasuk akan dimanjakan oleh adanya taman rekreasi yang sanggup dijadikan tempat berwisata bersama dengan keluarga tercinta.Tempat wisata di Aceh Barat Daya yang pertama yakni Pantai Cemara Indah. Pantai yang satu ini mempunyai pasir yang berwarna putih dan indah.

Biasanya Pantai Cemara Indah ini banyak dikunjungi oleh wisatawan dari kawasan Aceh maupun luar Aceh yang mendambakan menikmati keindahan pantai yang masih alami.

Namun tempat wisata ini masih didalam sistem pengembangan layanan demi kenyamanan pengunjung. Untuk pas ini sebagian layanan yang sudah tersedia pada lain warung makan, bangku taman, balai tempat berteduh, lapangan olahraga, tempat permainan anak dan lain sebagainya.

Dengan situasi tersebut tak heran andaikata pantai ini tambah ramai dikunjungi wisatawan terlebih pas hari libur tiba.

2. Pantai Jilbab

Wisata Pantai Jilbab Aceh Barat Daya
Pantai Jilbab. habadaily.com

Nama Pantai Jilbab barangkali sebetulnya terdengar unik bagi yang baru mendengarnya. Pantai yang satu ini berada di Desa Palak Kerambil, Kecamatan Susoh, Aceh Barat Daya.

Untuk menuju ke Pantai Jilbab, anda tak wajib risau karena akses jalur menuju pantai ini sudah lumayan gampang dn sanggup ditempauh hanya didalam pas 15 menit saja dari Ibukota Aceh Barat Daya.

Mungkin sebagian dari anda tersedia yang penasaran kenapa disebut bersama dengan Pantai Jilbab. Ternyata nama pantai Jilbab disita karena tiap-tiap pengunjung wanita yang berkunjung ke pantai ini wajib memakai jilbab sesuai bersama dengan syariat Islam yang berlaku.

Dibalik nama dan aturannya yang unik ternyata pantai ini termasuk tawarkan pemandangan yang terlampau indah bersama dengan pasirnya yang bersih dan membentang luas. Selain itu dari pantai ini anda sanggup melihat pemandangan pulau Gosong dan Samudera Hindia yang tentu terlampau memanjakan mata.

Untuk menikmati keindahan pemandangan di pantai ini sudah tersedia deretan pondok yang sanggup dijadikan sebagai tempat istirahat wisatawan. Saat sore hari tiba, wisatawan sanggup menikmati keindahan matahari terbenam yang eksotis.

3. Pemandian Krueng Baru

Pemandian Krueng Baru adalah pemandian alami berupa sungai yang terlampau indah yang dihiasi oleh bebatuan bersama dengan aliran air sungai yang terlampau jernih.Pemandian Krueng Baru berada di Kecamatan Lembah Sabil yang jaraknya sekitar 27 kilometer dari Aceh Barat Daya. Untuk menuju ke tempat wisata tersebut dibutuhkan pas sekitar 40 menit perjalanan darat.

Tempat pemandian ini termasuk mempunyai layanan berupa café dan tempat peristirahatan yang sanggup digunakan oleh wisatawan. Dengan tawarkan pemandangan alam yang indah maka anda termasuk tak wajib mengeluarkan cost yang besar untuk masuk ke pemandian ini.

Cukup bersama dengan membayar Rp 5.000 per orang dan cost parkir Rp 2.000 maka anda sanggup menikmati beraneka keindahan dan layanan di Pemandian Krueng Baru.

4. Pemandian Putroe Ijoe

Wisata Pemandian Putroe Ijoe Baru Aceh Barat Daya
Pemandian Putroe Ijoe. wisataterbaru.net

Tempat wisata di Aceh Barat Daya yang satu ini tawarkan pemandian bersama dengan pemandangan yang indah serta mendapat dukungan pula oleh situasi yang asri.

Pemandian Puroe Ijoe ini berada di Desa Alue Seulaseh, Jumpa, Aceh Barat Daya atau berjarak 7 kilometer dari Kota Blangpidie.

Saat tiba di kawasan pemandian ini, anda sanggup merasakan situasi yang asri dan alami serta terdapat pula kolam-kolam kecil bebatuan dipadu bersama dengan udara yang terlampau sejuk dari Pegunungan Putro Aloh.

Tak heran andaikata pemandian ini menjadi tidak benar satu primadona di Aceh Barat Daya. Saat anda berjalan menyusuri aliran sungai, maka anda sanggup menemukan sebuah kolam eksotis yang terdapat di bawah air terjun.Pastinya anda akan dibikin betah berlama-lama di Pemandian Putroe Ijoe untuk melepaskan penat.

5. Gua Seumancang Kuta Tinggi

Gua yang satu ini sebetulnya terlampau eksotis karena menampilkan pesona indah stalagtit dan stalagmit yang sepanjang ini belum dulu tersentuh dan terjamah oleh coretan tangan yang jahil.Tempat wisata yang satu ini merupakan sebuah gua yang berada di Desa Babah Lhung Kemukiman Kutatinggi bersama dengan jarak sekitar 3,24 kilometer dari Ibukota Kabupaten.

Tentunya gua yang satu ini terlampau sesuai bagi anda pencinta alam karena Gua Seumancang Kuta Tinggi tawarkan pemandangan yang terlampau memukau.

6. Pulau Gosong

Untuk menuju ke Pulau Gosong dibutuhkan transprtasi laut layaknya manfaatkan speed boat yang berangkat dri Kota Banda Aceh sepanjang 7 jam perjalanan.Selain pantai dan gua, Aceh Barat Daya termasuk mempunyai wisata pulau yang tak kalah memukau yakni Pulau Gosong. Pulau yang satu ini termasuk merupakan object wisata yang terlampau kondang di kawasan Aceh Barat Daya yang tepatnya berada di Kecamatan Susoh atau berjaral sekitar 4 kilometer dari Blangpidie.

Saat mendekati Pulau Gosong, kelihatan gradasi air laut berhiaskan karang ang kelihatan begitu sadar karena air lautnya yang jernih. Pulau Gosong termasuk pulau kecil yang berpasir putih dan berpadu bersama dengan pemandangan pohon cemara.

Selain itu sebagian terumbu karang termasuk kelihatan sadar dan ukurannya lumayan besar. Terdapat pula ikan-ikan yang indah berwarna-warni supaya tambah memanjakan mata.

Kondisi alam bawah laut yang indah tersebut memicu Pulau Gosong terlampau sesuai untuk snorkeling yang dijamin akan memicu anda takjub.

7. Pantai Ujung Manggeng

Sebagai tidak benar satu wisata andalan, pantai yang satu ini membawa pasir pantai yang berwarna keabuan tetapi kelihatan begitu seirama bersama dengan pemandangan pohon cemara di sekitar pantai.Pantai Ujung Manggeng adalah sebuah destinasi andalan Aceh Barat Daya yang selamanya terjaga keindahan maupun keasriannya.

Selain itu terdapat pulau rerumputan dan pohon kelapa yang tambah memanjakan mata. Saat berada di Pantai Ujung Manggeng, anda termasuk sanggup merasakan hembusan angin yang sejuk serta hempasan air laut yang menjadikan situasi pantai tambah nyaman.

Untuk anda yang penasaran bersama dengan keindahan Pantai Ujung Manggeng maka silakan berkunjung ke Desa Sejahtera, Manggeng, Aceh Barat Daya atau sekitar 18 kilometer dari Blangpidie.

8. Taman Laut Ujung Manggeng

Taman LAut Ujong Manggeng - Tempat Wisata Keren di Aceh Barat
Taman Laut Ujung Manggeng

Taman Laut Ujung Manggeng disebut-sebut sebagai tidak benar satu tempat wisata yang terindah di Aceh Barat Daya. Sebab tempat wisata ini mempunyai taman hijau yang berada di pinggir pantai. Lokasi pantai ini tersedia di desa Ujung Raja.

Saat berada di Taman Laut Ujung Manggeng ini, anda sanggup menikmati situasi hijau dan alami yang seolah bagaikan surga bagi wisatawan.

Dengan luas sekitar 3 hektar di pinggir pantai maka tak heran andaikata banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata ini di hari-hari biasa atau pas hari libur tiba.

9. Pantai Wisata Ujong Ketapang

Wisata Pantai Wisata Ujong Ketapang Aceh Barat Daya
Pantai Wisata Ujong Ketapang. travel.tribunnews.com

Pantai Ujong Kepatang merupakan sebuah pantai yang terlampau indah bersama dengan hiasan pasir yang berwarna putih dan terlampau memukau.

Bagi anda yang mendambakan menikmati keindahan sunset maka pantai yang satu ini merupakan lokasi yang tepat. Terlebih situasi senja yang tenang menjadikan situasi di pantai ini begitu romantis.

10. Krueng Babahrot

Kueng ini mempunyai air yang bersih dan sejuk supaya pas anda melintasi jembatan panjang Krueng Babahrot maka tersedia sanggup merasakan pemandangan alam yang indah bersama dengan situasi yang masih terlampau asri.Krueng Babahrot merupakan tempat wisata yang tawarkan sungai yang indah memanjang dan mengalir dari pegunungan yang hijau.

Tempat wisata yang satu ini membawa luas sekitar 8,5 hektar serta ditambah pula bersama dengan layanan yang memicu pengunjung tambah nyaman sperti tempat tinggal makan dan kantin.

11. Pantai Pusong Sangkalan

Wisata Pantai Pusong Sangkalan Aceh Barat Daya
Pantai Pusong Sangkalan. visitacehdarussalam..blogspot.com

Pantai yang satu ini berada sekitar 3 kilometer dari Kota Blangpidie dan berhadapan bersama dengan Samudera Hindia. Saat berada di pantai ini anda sanggup merasakan situasi yang masih terlampau asri dan bersih.

Selain itu pasir pantai yang bersih dan teksturnya yang agak kasar tentu akan menjadi sebuah pepaduan keindahan yang memukau.

Uniknya nama pantai Pusong ini disita karena lokasi Samudera Hindia yang berjarak 1 kilometer dari bibir pantai terdapat Pulau Gosong atau yang disingkat bersama dengan nama Pusong.

Sedangkan untuk nama Sangkalan merupakan nama lokasi pemukiman letak pantai tersebut berada. Selain disebut sebagai Pantai Pusong, Pantai ini termasuk disebut bersama dengan nama Pantai Bali karena keindahan pantai ini yang tak kalah memukau bersama dengan pantai-pantai di Bali.

Pantai Pusong Sangkalan sebetulnya mempunyai ombak yang lumayan besar dan menantang supaya kebanyakan wisatawan sering berselancar di pantai ini.

Selain itu situasi air lautnya yang biru menjadikan pemandangan di pantai ini terlampau indah dan memanjakan mata. Karena lokasinya yang dekat bersama dengan pelabuhan maka anda sanggup melihat pemandangan para nelayan bersama dengan perahu-perahunya yang digunakan untuk melacak ikan di laut.

Sungguh akan menjadi perpaduan pemandangan alam bahari yang memukau dan barangkali jarang anda temukan di lokasi pantai lainnya.

12. Pantai Kuala Katung

Wisata Pantai Kuala Katung Aceh Barat Daya
Pantai Kuala Katung. kaumanyouth.wordpress.com

Pantai yang satu ini berada di Desa Ujung Serangga yang menyediakan beraneka layanan untuk wisatawan terasa dari café di sepanjang jalur dan letak pantai termasuk berada dekat bersama dengan pelabuhan perahu nelayan untuk menangkap ikan maupun bongkar muat barang dari kapal luar daerah.

13. Kolam Renang Driyen Payeh

Dengan tiket masuk yang terjangkau sekitar 10ribu rupiah perorang maka anda sanggup menikmati permainan air yang seru dan beraneka layanan wahana permainan air yang asyik untuk dicoba. Terdapat pula area pindah dan kamar mandi supaya memicu pengunjung terasa nyaman.Tempat wisata yang satu ini sebetulnya terlampau sesuai sebagai destinasi wisata bersama dengan keluarga tercinta. Namun tak wajib risau karena untuk kolam laki-laki dan perempuan lokasinya terpisah supaya sesuai bersama dengan syariah.

14. Taman Laut Ujong Serangga

Bagi anda yang gemar diving maka Taman Laut Ujong Serangga ini sangatlah pas sebagai lokasi diving maupun snorkeling.Tempat wisata Taman Laut Ujing Seranggang berada di Kecamatan Susoh yang menyajikan wisata bahari bersama dengan sajian alam bawah laut yang memukau.

Dengan harga tiket masuk ke object wisata yang lumayan terjangkau maka anda sanggup bermain di sekitaran pantai taman laut ini. Namun untuk menyewa peralatan diving atau snorkeling akan tersedia cost tambahan yang wajib anda keluarkan.

15. Taman Laut Lama Tuha

Taman laut yang berada di Kecamatan Batee ini sebetulnya tawarkan pemandangan laut bersama dengan ombak yang tenang serta mendapat dukungan oleh air lautnya yang jernih.
Selain Taman Laut Ujong Serangga, di Aceh Barat Daya masih tersedia taman laut yang tak kalah indah yakni Taman Laut Lama Tuha.

Kondisi tersebut memicu pemandangan terumbu karang muncul begitu sadar dari permukaan supaya akan memudahkan wisatawan untuk diving maupun snorkeling. Taman laut ini termasuk sudah ditambah layanan yang lumayan supaya memicu wisatawan tambah betah.

16. Krueng Seumayam

Wisata Krueng Seumayam Aceh Barat Daya
Krueng Seumayam. tempatwisataseru.com

Tempat wisata Krueng Seumayam merupakan tempat wisata yang terdapat di kawasan dataran tinggi atau perbukitan. Kondisi kawasan ini sebetulnya condong bercurah hujan tinggi biarpun di musim kemarau.

Namun situasi udara di kawasan wisata ini terlampau fresh supaya terlampau sesuai untuk melepaskan penat. Bagi anda yang penasaran bersama dengan tempat wisata ini maka silakan berkunjung tanpa wajib membayar tiket masuk.

Tetapi sebaiknya silakan ikut melindungi kebersihan tempat wisata dan mematuhi norma sosial yang berlaku.

17. Desa Teupin Batee

Bahkan desa ini termasuk menjadi tidak benar satu desa wisata yang lumayan kondang di kawasan Aceh Barat Daya. Meskipun di kawasan ini tidak terdapat hotel berbintang tetapi wisatawan sanggup menginap di rumah-rumah warga supaya akan memberi tambahan sensasi wisata yang tak terlupakan.Desa yang satu ini dulu terdampak dari bencana tsunami Aceh yang begitu dahsyat sebagian tahun yang lalu. Namun kini Desa Teupin Batee sudah berubah menjadi desa yang asri dan indah.

Saat berkunjung ke desa ini, wisatawan sanggup menikmati areal persawahan maupun peternakan milik masyarakat setempat supaya akan memberi tambahan pengalaman wisata yang seru dan tak ditemukan di kawasan perkotaan.

18. Pantai Suak Udeung

Awalnya kawasan ini adalah sebuah pemukiman padat tetapi pada akhirnya ditinggalkan sehabis musiba tsunami tahun 2004 lalu. Tak heran andaikata situasi pantai ini terlampau sepi bersama dengan layanan yang seadanya.Tempat wisata di Aceh Barat Daya yang satu ini berada di Gampong Alue Rambot dan sanggup dikunjungi secara gratis oleh wisatawan.

Meskipun begitu pantai ini tawarkan pemandangan alam yang terlampau indah supaya sesuai untuk mengisi pas berlibur anda.

19. Pantai Lama Muda

Wisata Pantai Lama Muda Aceh Barat Daya
Pantai Lama Muda. travel.detik.com

Tempat wisata di Aceh Barat Daya yang terakhir yang kami anjurkan adalah pantai lama muda yang terdapat di kecamatan Kuala Batee.

Pantai indah dan menawan ini terlampau seru untuk anda jadikan sebagai tempat liburan bareng keluarga tercinta. Untuk menuju pantai ini hanya perlu sekitar 20 hingga 30 menit perjalanan dari Kota Blangpidie.

Pantai yang mempunyai pohon cemara di bibirnya ini tambah eksotis bersama dengan adanya 

muara sungai yang terdapat tidak jauh dari bibir pantai. Di didalam muara termasuk banyak sekali terdapat siput yang sering dijadikan sebagai ladang ekonomi masyarakat sekitar.

Pantai yang bersejarah ini dulunya adalah pusat Kerajaan Kuala Batee yang dulu diserang infanteri Amerika Serikat didalam ekspedisi balasan Potomac.

Ada bukti yang menunjukan hal tersebut, yakni adanya monumen milik Amerika tertulis bersama dengan berbahasa Inggris kuno yang kini berada di kompleks sekolah basic kawasan gampong tersebut.

***

Itulah tadi daftar tempat wisata di Aceh Barat Daya yang sanggup menaikkan referensi destinasi liburan anda. Melalui Info di atas kini bagi anda yang mendambakan jalan-jalan ke Aceh maka jangan hingga lewatkan berkunjung ke kawasan Aceh Barat Daya. Sebab terdapat banyak object wisata menarik yang tentu akan memicu liburan anda tambah berwarna. 

Bagikan:

Top Ads

Middle Ads 1

Middle Ads 2

Bottom Ads