Mulai Takut Kerja hingga Takut Mertua, Ini Daftar Phobia Aneh Lainnya

Memiliki ketakutan adalah sesuatu yang wajar bagi manusia. Tetapi jadi terlihat aneh ketika objek yang ditakuti terkesan tidak biasa atau bahkan sebenarnya tidak membahayakan.


Ketakutan seperti itu dikenal dengan istilah fobia. Beberapa fobia juga ada yang umum, misalnya ketakutan pada jarum suntik atau benda berujung runcing, takut ketinggian, dan ruangan sempit.


Tetapi ada juga beberapa fobia yang mungkin sangat terdengar aneh karena dekat dengan keseharian. Seperti fobia pada pekerjaan hingga fobia pusar.


Dikutip dari Asiaone, berikut delapan fobia aneh yang ada di dunia.


1. Ergophobia - takut bekerja

Fobia ini menimpa seseorang yang memiliki kecemasan sosial juga perasaan takut gagal dalam tugas-tugas yang diperlukan dalam lingkungan sosial profesional. Seperti berbicara di depan umum dan bergaul dengan rekan kerja.


2. Philophobia - takut jatuh cinta

Orang yang memiliki philaphobia biasanya kesulitan berkomitmen penuh dalam hubungan apa pun. Salah satu penyebab fobia ini disebutkan karena perasaan trauma psikis akibat pengalaman buruk tertentu.


3. Pentheraphobia - takut ibu mertua

Tidak akrab dengan ibu mertua mungkin hal biasa. Tetapi takut berlebihan dengan alasan irasional justru menjadi suatu fobia. Trauma terhadap ibu sebelumnya juga bisa jadi salah satu penyebab orang alami pentheraphobia


4. Ombrophobia - takut hujan

Biasanya fobia ini dialami anak-anak yang takut dengan kondisi hujan lebat disertai badai atau petir. Tetapi tidak mungkin juga orang dewasa mengalami ombrophobia hingga menimbulkan kecemasan.


5. Chaetophobia - takut pada rambut

Jenis fobia ini membuat orang yang mengalaminya benci dengan rambut rontok. Bulan hanya pada manusia, tetapi juga binatang.


6. Pogonophobia - takut pada jenggot

Umumnya fobia ini dialami oleh perempuan karena takut dengan janggut dan terlihat mengerikan. Ketakutan itu bisa membuat seseorang yang mengalaminya jadi mual, berkeringat, hingga napas tersengal.


7. Omphalophobia - takut pusar

Bukan hanya takut pada pusar orang lain, pengidap omphalophobia bahkan juga ketakutan melihat pusarnya sendiri. Bukan hanya melihat, ia juga akan tetap ketakutan meski hanya memegangnya.


8. Nomophobia - takut tidak tersambung internet

Mungkin sudah hal asing. Telepon pintar dan internet terasa jadi segalanya untuk hisup. Tapi bagi orang yang sudah kecanduan, tidak memegang ponsel pintar atau kehilangan jaringan internet bisa membuatnya panik hingga ketakutan.

Bagikan:

Bottom Ads