Ilmuwan Ini Bilang Pelangi Terindah di Dunia Ada Di Hawaii, Bener Gak Nih?

Penelitian terbaru yang diterbitkan oleh Buletin Masyarakat Metereologi Amerika menyebutkan kalau pelangi terbaik berada di Hawaii. Dalam penelitian itu, ilmuwan atmosfer di University of Hawaii menjelaskan bagaimana hal itu bisa terjadi.


Membahas kualitas unik pelangi di Hawaii, Steven Businger profesor di Sekolah Ilmu dan Teknologi Kelautan dan Bumi UH menjelaskan bahwa ada empat faktor yang berkontribusi pada keindahan langit Hawaii yang penuh warna.


Pertama, posisi pulau-pulau dalam sirkulasi atmosfer yang dikenal sebagai Sel Hadley memastikan bahwa Hawaii dikunjungi oleh angin perdagangan barat laut hampir setiap hari. Ini menghasilkan bercak hujan konvektif, diselingi dengan area langit cerah, memungkinkan sinar matahari bercampur dengan curah hujan dan menghasilkan pelangi.


Kehangatan malam yang disediakan oleh laut menyebabkan udara naik di pagi hari dan memungkinkan pelangi terbentuk. Sebaliknya, pelangi malam diproduksi saat suhu naik sepanjang hari, menciptakan arus udara. 


“Dalam kondisi ini, hujan deras terbentuk di puncak punggung bukit di atas Oahu dan Kauai pada sore hari, menghasilkan pelangi yang subur saat matahari terbenam,” kata Businger seperti dikutip IFL Science.


Topologi pegunungan ini adalah faktor kunci lain dalam pembentukan pelangi Hawaii, karena puncaknya memaksa angin naik dan mendingin, menghasilkan curah hujan. Tanpa pegunungan ini, Hawaii akan menjadi gurun tanpa hujan.


Akhirnya, lokasi terpencil Hawaii memastikan bahwa sebagian besar udaranya bebas dari polusi yang berarti hanya ada sedikit partikel aerosol yang dapat menyebarkan sinar matahari dan mengurangi keindahan pelangi. 


Semua faktor ini bergabung untuk memungkinkan pelangi Hawaii bertahan selama berjam-jam. Bahkan Businger mengklaim bahwa pelangi di Hawaii bisa bertahan hingga 6,5 jam selama musim panas dan 8,5 jam di musim dingin.


"Tidak mengherankan jika pelangi sangat menonjol dalam mitologi dan budaya Hawaii. Dalam bahasa Hawaii, misalnya, ada kata-kata untuk pelangi yang menempel di Bumi (uakoko), pelangi berdiri (kāhili), pelangi yang nyaris tidak terlihat (punakea), dan pelangi (ānuenue kau pō)," jelas Businger.

Bagikan:

Bottom Ads